Preservatives Material Content of Sodium Nitrite (NaNO2) on Meat Processed (Burger) in Supermarkets and Street Vendors, Makassar City

Authors

  • Inayah Inayah Lecturer of Health Polytechnic, Ministry of Health Makassar, Indonesia
  • Wahyuni Sahani Lecturer of Health Polytechnic, Ministry of Health Makassar, Indonesia

Keywords:

Sodium Nitrite, Meat Burger.

Abstract

Burger is a favored fast food by the public and contain preservatives. Sodium nitrite is a food

References

H. Anwar, dkk. 1987. Pedoman Bidang Studi Sanitasi Makanan dan Minuman Pada Industri Pangan Tenaga Sanitasi. Jakarta: Depkes RI.

Effendi Supli. 2012. Teknologi Pengolahan dan Pengawetan Pangan. Bandung: Alfa beta, CV.

Hariyadi Purwiyanto, Dewanti Ratih. 2009. Petunjuk Sederhana

Hasna Hayati Nur, Dyah Suryani. 2011. Analisis Kandungan Nitrit Dalam Daging

Nadhiroh. 2011. Keracunan Susu Tercemar Zat Kimia, 3 Orang Tewas Di China. Dalam http://www.solopos.com. Diakses pada tanggal 24 Januari 2015.

Rahma dhani Sri. 2012. Identifikasi Kandungan Bahan Pengawet Natrium Nitrit Pada Daging Burger yang dijual di Mall Kota Makassar.Makassar : JKL Politeknik Kesehatan Makassar (KTI tidak diterbitkan).

Rahman Abdul. 2011. Analisis Bahan Pangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Celeban Timur.

Zahrotul Fuad. 2004. Studi Keamanan Pangan Kadar Nitrit Dan Jenis Pewarna Sintesis Corned Sapi Yang Beredar Di Pasar Swalayan Kota Semarang. Dalam http://eprints.undip.ac.id. Diakses tanggal 24 Januari 2015.

Cory S Magdalena. 2009. Analisis Kandungan Nitrit dan Pewarna merah pada Daging Burger yang Dijual di Grosir Bahan Baku Burger di Kota Medan .Dalam http://www.pustaka-deptan.go.id.pdf. Diakses tanggal 24 Januari 2015.

Republik Indonesia. 2006. Undang-Undang No. 18 Tahun 2012 Tentang Pangan. Jakarta: Redaksi Sinar Grafika.

Vinerti Ranu Lili. 2010. Studi Analisa Bahan Pengawet Nitrit Pada Sosis Di Swalayan Kota Makassar. Makassar: Politeknik Kesehatan Makassar Jurusan Kesehatan Lingkungan. (KTI tidak diterbitkan).

Srikandi Fardiaz, dkk. 1980. Pengantar Teknologi Pangan. Jakarta :Gramedia.

Downloads

Published

2015-10-11

How to Cite

Inayah, I., & Sahani, W. (2015). Preservatives Material Content of Sodium Nitrite (NaNO2) on Meat Processed (Burger) in Supermarkets and Street Vendors, Makassar City. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 24(3), 364–369. Retrieved from https://www.gssrr.org/index.php/JournalOfBasicAndApplied/article/view/4674

Issue

Section

Articles